-->

LKS IPA SMP Tentang Fotosintesis



LKS Tentang Fotosintesis



Judul Percobaan :  Uji Iodine untuk mengetahui hubungan fotosintesis dalam transformasi energi dalam bentuk karbohidrat

http://dunia-mulyadi.blogspot.com/2016/02/lks-tentang-fotosintesis.html

Tujuan Percobaan     :
  1. Peserta didik mampu membedakan karbohidrat dari hasil fotosintesis pada erbagai jenis daun (pucukdaun, daun muda, daun tua dan daun sudah  layu/kuning).  
  2. Peserta didik mampu melakukan pengamatan kandungan karbohidrat pada berbagai jenis daun (pucuk daun, daun muda, daun tua dan daun sudah layu/kuning 
  3. Peserta didik mampu melakukan praktikum tentang transformasi energi berupa karbohidrat dalam proses fotosintesis
I. Dasar Teori

Fotosintesis berasal dari kata foto yang berarti cahaya dan sintesis yang berarti penyusunan. Jadi fotosintesis adalah proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya.
Fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari (Kimball, 2002).

Fotosintesis hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan dan ganggang hijau yang bersifat autotrof. Artinya keduanya mampu menangkap energi matahari untuk menyintesis molekul-molekul organik kaya energi dari prekursor organik H2O dan CO2. Sementara itu, hewan dan manusia tergolong heterotrof, yaitu memerlukan suplai senyawa-senyawa organik dari lingkungan (tumbuhan) karena hewan dan manusia tidak dapat menyintesis karbohidrat. Karena itu, hewan dan manusia bergantung pada organisme autotrof (http://metabolismelink.freehostia.com).

Fotosintesis terjadi di dalam kloroplas. Kloroplas merupakan organel plastid yang mengandung pigmen hijau daun (klorofil). Sel yang mengandung kloroplas terdapat pada mesofil daun tanaman, yaitu sel-sel jaringan tiang (palisade) dan sel-sel jaringan bunga karang (spons). Di dalam kloroplas terdapat klorofil pada protein integral membran tilakoid. Klorofil dapat dibedakan menjadi klorofil a dan klorofil b. Klorofil a merupakan hijau rumput (green grass pigment) yang mampu menyerap cahaya merah dan biru-keunguan. Klorofil a ini sangat berperan dalam reaksi gelap fotosintesis. Klorofil b merupakan pigmen hijau-kebiruan yang mampu menyerap cahaya biru dan merah kejinggaan. Klorofil b banyak terdapat pada tumbuhan, ganggang hijau, dan beberapa bakteri autotrof.

Klorofil terdapat sebagai butir-butir hijau di dalam kloroplas. Pada umumnya kloroplas itu berbentuk oval, bahan dasarnya disebut stroma, sedang butir-butir yang terkandung di dalamnya disebut grana. Pada tanaman tinggi ada dua macam klorofil, yaitu:
klorofil-a         : C55H72O5N4Mg, berwarna hijau tua
klorofil-b         : C55H70O6N4Mg, berwarna hijau muda

Rumus bangunnya berupa suatu cincin yang terdiri atas 4 pirol dengan Mg sebagai inti. Rumus bangun ini hampir serupa dengan rumus bangun haemin (zat darah), di mana intinya bukan Mg melainkan Fe. Pada klorofil,terdapat suatu rangkaian yang disebut fitil yang dapat terlepas menjadi fitol C2H39OH, jika kena air (hidrolisis) dan pengaruh enzim klorofilase. Fitol itu lipofil (suka asam lemak), sedangkan biasanya disebut rangka porfin, sifatnya hidrofil (suka akan air) (Dwidjoseputro, 1994:18).

Pada umumnya sel fotosintesis mengandung satu atau lebih pigmen klorofil yang berwarna hijau. Berbagai sel fotosintesis lainnya seperti pada ganggang dan bakteria berwarna coklat, merah, dan ungu. Hal ini disebabkan oleh adanya pigmen lain di samping klorofil, yaitu pigmen pelengkap, seperti karotinoid yang berwarna kuning, merah atau ungu dan fikobilin yang berwarna biru atau merah (Muhammad Wirahadikusumah,1985: 99).

Fotosintesis terjadi hanya di bagian hijau tanaman. Untuk efisiensi fotosintesis daun harus tipis dan memiliki luas permukaan besar. Ini membantu dalam penyerapan cahaya dan difusi gas, dan sarana untuk mencegah kehilangan air yang berlebihan melalui stomata dan epidermis. Kloroplas jumlah besar dalam sel-sel mesofil palisade menyediakan jaringan fotosintetik utama. Ruang antara spons berbentuk tidak teratur di dalam sel-sel mesofil daun untuk melakukan difusi gas. Turgor sel penjaga berubah menjadi gas menyediakan pertukaran dengan atmosfer. Kutikula pada berlapis tunggal bersifat transparan epidermis atas dan bawah melindungi daun dari pengeringan dan infeksi.

II.  Alat dan Bahan
5.1  Alat
            -   Gelas Kimia (Beker)           -   Cawan Petri                         -  Lilin             
            -   Kaki Tiga                             -   Penjepit                               -  Korek           

5.2   Bahan
-   Etanol/Alkohol                    -  Daun Tanaman/Pohon
-   Iodine (Betadine)                -  Air

III. Langkah Kerja
1. Masukkan air dalam gelas kimia, lalu panaskan hingga mendidih.
2.  Lalu masukkan keempat jenis daun (pucuk daun, daun muda, daun tua dan daun sudah layu/kuning) ke dalam air yang telah mendidih tersebut.
3.  Kemudian ambil (angkat) daun tersebut dan letakkan diatas selembar kertas.
4.  Selanjutnya didihkan alkohol dalam gelas kimia, kemudian celupkan daun yang telah dimasukkan dalam air mendidih tadi.
5.  Langkah selanjutnya, angkat daun dari dalam alkohol dan cuci dengan air agar alkoholnya bersih.
6.  Selanjutnya letakkan daun-daun tersebut didalam cawan petri, lalu tetesi larutan Iodine (Betadine) beberapa tetes diatas permukaan masing-masing daun.
7.  Amati dan catat hasil yang diperoleh dari pengamatan tersebut.

Catatan : berhati-hatilah dalam mempergunakan gelas kimia, karena rawan pecah.

IV.  Hasil Pengamatan

A.   Sebelum perlakuan

Nama bahan
Warna
Pucuk Daun

Daun Muda

Daun Tua

Daun sudah layu/kuning


B. Sesudah perlakuan
Nama bahan
Warna
Pucuk Daun

Daun Muda

Daun Tua

Daun sudah layu/kuning



V.  Aplikasi dan Analisis 
Untuk apa daun dimasukkan dalam air mendidih sebelum dicelupkan ke dalam alkohol?

.............................................................................................................................................. 
Apa fungsi  atau kegunaan dari alkohol dalam melakukan percobaan ini?       .............................................................................................................................................. 
Apakah ada perbedaan warna dari keempat jenis daun sebelum dan setelah dilakukan percobaan? Mengapa? 
.............................................................................................................................................. 
Warna apa yang muncul/terlihat pada daun yang menandakan bahwa pada bagian daun tersebut mengandung karbohidrat atau tidak mengandung karbohidrat setelah diteteskan Iodine (Betadine) .............................................................................................................................................. 
Dari keempat jenis daun yang diuji, buatlah urutan jenis daun yang mengadung karbohidrat (dari yang paling banyak sampai yang paling sedikit)! Mengapa demikian ..............................................................................................................................................

VI.  Kesimpulan 
.................................................................................................................................................


Penilaian Kinerja (Kelompok)                                                                       Kelas : VII-

No
Nama Kelompok
Aspek Yang Diamati
Ket
Kemampuan dalam merancang instrument pengujian
Ketepatan dalam menemukan data
Kemampuan dalam komunikasi ilmiah
Kebersihan/Kerapian dan ketelitian
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K

1.
Kelompok 1













2.
Kelompok 2













3.
Kelompok 3













4.
Kelompok 4













5.
Kelompok 5














Catatan
*)    Beri tanda check list (√) pada kolom yang disediakan
**)  B = Baik, C = Cukup, K = Kurang





Demikianlah Artikel LKS IPA SMP Tentang Fotosintesis

Sekian artikel LKS IPA SMP Tentang Fotosintesis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel LKS IPA SMP Tentang Fotosintesis dengan alamat link https://www.dunia-mulyadi.com/2016/02/lks-ipa-smp-tentang-fotosintesis.html

0 Response to "LKS IPA SMP Tentang Fotosintesis"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......