Ringkasan Materi Psikotropika



Ringkasan Materi Psikotropika

Psikotropika adalah zat atau obat yang alami maupun sintetis, bukan narkotika dan berkhasiat proaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada mental & perilaku. 

Ringkasan Materi Psikotropika
Tingkatan ketergantungannya yaitu :

  1. Golongan I, psikotropika yang digunakan untuk ilmi pengetahuan dan tidak untuk terapi serta memiliki potensi kuat sindrom ketergantungan 
  2. Golongan II, psikotropika yang digunakan untuk obat, terapi dan ilmu pengetahuan serta memiliki potensi kuat sindrom ketergantungan
  3.  Golongan III, psikotropika yang banyak digunakan untuk obat, terapi dan ilmu pengetahuan serta memiliki potensi sedang sindrom ketergantungan 
  4. Golongan IV, psikotropika yang sangat luas digunakan untuk obat, terapi dan ilmu pengetahuan serta memiliki potensi ringan sindrom ketergantungan

a) LSD (Lysergic Acid Diethylamide)
LCD menimbulkan halusinasi. Zat ini berfungsi mambantu pengobatan gangguan jiwa dan sakit ingatan. Zat ini membuat oto tang semula tegang menjadi rileks. Akibat penyalahgunaannya yaitu, frustasi dan ketegangan jiwa.

b) Amfetamin
Ekstasi dan shabu adalah hasil sintesis dari amfetamin. Akibat pemakaiannya yaitu, siaga, percaya diri, euphoria, banyak bicara, tak mudah lelah, tidak nafsu makan, berdebar-debar, tekanan darah turun dan nafas cepat. Jika overdosis akibatnya yaitu, panik, mengamuk, paranoid, takanan darah naik, pendarahan otak, suhu tubuh tinggi, kejang, kerusakan pada syaraf bahkan kematian. Tanda-tanda putus obat yaitu, lesu, apatis, tidur berlebihan, depresi dan mudah tersinggung.



Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Zat Adiktif dan Psikotropika

a) Peran Anggota Keluarga
Setiap anggota keluarga harus menjaga jangan sampai anggota keluarganya terlibat dengan penyalahgunaan narkoba dengan mempertebal ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dan juga meningkatkan hubungan keluarga yang harmonis dan tidak mengucilkan anggota keluarga yang mudah terlibat penyalahgunaan narkoba.

b) Peran Anggota Masyarakat
Meningkatkan pengetahuan tentang bahaya narkoba dan melaporkan apabila dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan setempat. Menyadarkan dan menarik simpati kepada korban narkoba dengan membawanya ke rumah sakit atau pusat rehabilitasi. Jangan pernah mencoba narkoba (berani bilang tidak).

c)  Peran Sekolah
Sekolah perlu memberi wawasan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi diri sendiri,, keluarga dan orang lain. Dan melaporkan apabila ada siswa yang terlibat dalam pengedaran dan pemakaian narkoba dan segera menindaklanjutinya.

d) Peran Pemerintah
Pemerintah perlu memberikan efek jera bagi penyalahguna, pengedar, pemasok, pengimpor, pembuat dan penyimpan narkoba dengan aturan hukum yang jelas dan tegas.


Demikianlah Artikel Ringkasan Materi Psikotropika

Sekian artikel Ringkasan Materi Psikotropika kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ringkasan Materi Psikotropika dengan alamat link https://www.dunia-mulyadi.com/2016/01/ringkasan-materi-psikotropika.html

0 Response to "Ringkasan Materi Psikotropika"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......