-->

Makanan dan Fungsinya bagi Manusia



Makanan danFungsinya bagi Manusia

Fungsi makanan yang utama adalah menghasilkan energi. Satuan energi yg dihasilkaan makanan adalah kilokalori atau kilojoule (1 kilokalori = 4,2 kilojoule) Makanan yang dimakan akan diuraikan tubuhmu menjadi nutrien yang dapat diserap oleh tubuh. Ada enam kelompok nutrien yang dibutuhkan manusia yaitu : Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Makanan dan Fungsinya bagi Manusia
Makanan dan Fungsinya bagi Manusia

1. Karbohidrat

Fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Tubuh manusia dapat menyimpan kelebihan karbohirat di dalam organ hati dan otot. Sumber karbohidrat ada yang dari tumbuhan ( Nabati ) contohnya :  beras, jagung, kentang, ubi, kacang, dan singkong.

Pada proses pencernaan karbohidrat dipecah menjadi molekul gula yang lebih sederhana yaitu (glukosa, fruktosa, dan galaktosa) Bila kekurangan zat  karbohidrat, maka akan mengakibatkan semangat kerja menurun, sering gugup, dan daya tahan terhadap penyakit berkurang.

2. Protein 

Fungsi utama dari zat protein adalah membangun struktur utama tubuh, mengganti sel sel yang rusak, dan mengatur berbagai proses dalam tubuh. 1 gram protein menghasilkan energi sebesar 17 kilojoule. Sumber protein ada yang dari tumbuhan (Protein nabati) dan dari hewan ( Protein hewani ) Contoh sumber protein hewani yaitu : Telur, daging, ikan, susu, keju dll. Sedangkan yang berasal dari tumbuhan yaitu : biji bijian, kedelai, kacang tanah, kacang hijau dll. Pada sistem pencernaan protein diubah menjadi pepton dalam lambung dengan bantuan enzim pepsin dan enzim tripsin dalam usus. Kemudian pepton akan diubah menjadi asam amino oleh enzim erepsin. Asam amino inilah yang akan diserap oleh tubuh. Bila kekurangan zat protein, maka akan mengakibatkan penyakit kwashiorkor pada anak anak dan busung lapar pada orang dewasa.

3. Lemak

Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, cadangan makanan ( disimpan dibawah kulit ), Pelindung organ tubuh ( seperti jantung, paru paru ), isolator dibawah kulit ( agar tidak kedinginan ), dan pelarut vitamin A, D, E, K. 1 gram lemak dapat menghasilkan energi 9 kilokalori atau 38 kilojoule. Sumber lewak yang berasal dari hewan ( lemak hewani ) yaitu : daging, mentega, susu, telur dll. Sedangkan lemak nabati yaitu : Kacang kacangan, Avocad, kelapa, kemiri dll Pada proses pencernaan lemak diubah menjadi asam lemak dan gliserol dengan bantuan enzim. Bila kekurangan lemak, maka penderita akan kekurangan tenaga, kekurangan vitamin A D E K, dan merasa kedinginan bila berada di tempat dingin

4. Vitamin 

Vitamin ini dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit dalam tubuh tetapi jika kekurangan vitamin akan menyebabkan penyakit avitaminosis. Vitamin dalam tubuh berfungsi sebagai koenzim yang berperan sebagai biokatalisator. Berdasarkan kelarutannya, vitamin dibagi menjadi 2 kelompok yaitu : a. Vitamin yang larut dengan lemak ( Vitamin A, D, E, dan K ) b. Vitamin yang larut dengan air ( B dan C ).

a. Vitamin A 
Terdapat pada hati, minyak ikan, lemak hewani, kuning telur, wortel dan tomat. Fungsinya sebagai meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Akibat kekurangan vitamin A yaitu xeroftalmia, rabun senja, kulit pecah pecah, pertumbuhan lambat.

b. Vitamin B1 
Terdapat pada kulit beras, kacang hijau, sayur sayuran, hati, susu, dan daging. Fungsinya sebagai mengoksidasi makan untuk memperoleh energi. Akibat kekurangan vitanin B1 adalah penyakit beri beri dan gangguan saraf.

c. Vitamin B2 Terdapat pada hati, susu, telur, ragi. Fungsinya sebagai pernafasan sel, menjaga keutuhan jaringan saraf dan kornea mata. Akibat kekurangan B2 yaitu katarak, mata kabur, unjung mulu terkelupas. d. Vitamin B6 Terdapat pada telur daging kentang kubis. Fungsinya sebagai membantu tubuh mencerna protein dan respirasi seluler. Akibat kekurangan vitamin B6 adalah penyakit.

d. Vitamin B6 Terdapat pada telur daging kentang kubis. Fungsinya sebagai membantu tubuh mencerna protein dan respirasi seluler. Akibat kekurangan vitamin B6 adalah penyakit anemia dan pelagra.

e. Vitamin B12 Terdapat pada daging susu ragi. Fungsinya sebagai pembentukkan sel darah merah. Akibat kekurangan vitamin ini yaitu anemia pernisiosa ( sel darah merah berjumlah sedikit, rapuh, dan mudah hancur ).

f. Vitamin C Terdapat pada jeruk, pepaya, tomat, pisang, dan sayuran hijau segar. Fungsinya sebagai keutuhan zat perekat antar sel, menjaga kekebalan tubuh,, memelihara kesehatan jaringan epitel. Akibat dari kekuangan Vitamin C yaitu penyakit skorbut ( gusi mudah berdarahgigi mudah goyang dll ).

g. Vitamin D Terdapat pada susu, mentega, kuninng telur, dan minyak ikan. Fungsinya yaitu membantu pertumbuhan tulang. Akibat dari kekurangan vitamin D adalah gangguan pertumbuhan tulang pada anak anak dan rakitis.

h. Vitamin E Terdapat pada biji bijian, sayur sayuran, telur, mentega, susu. Fungsinya sebagai pembantu sistem reproduksi. Akibat kekurangannya yaitu kemandulan.

i. Vitamin K Terdapat pada sayuran hijau, biji bijian, hati. Fungsinya yaitu mempercepat pembekuan darah dan mencegah keguguran. Akibat kekurangan Vimanin K yaitu darah sukar membeku.

5. Mineral 

Mineral diperlukan dalam tubuh dengan jumlah yang sedikit. Penyakit kekurangan mineral disebut defisiensi mineral. 
a. Kalsium ( Ca ) Kalsium ( zat kapur ) berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi, mengaktifkan trombokinase, dan mengaktifkan kerja otot dan jantung. Akibat kekurangan kalsium adalah tubuh mudah kejang otot, gangguan pada tulang dan darah sulit membeku. Sumber Kalsium yaitu biji bijian, sayuran hijau, susu, telur, dan buah buahan.

b. Besi ( Fe ) Besi ( Ferrum ) berfungsi sebagai pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah agar proses pengangkutan oksigen berjalan lancar. Kekurangan Besi akan menyebabkan penyakit anemia. Besi terdapat pada kacang hijau, sayuran berwarna hijau, dan beras. 

c. Iodin ( I ) Iodin berfungsi untuk membantu pembentukkan hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid ( gondok ). Kekurangan iodin dapat menyebabkan penyakit gondok. Sumber Iodin yaitu ikan laut, sayuran, susu. 

d. Fosforus ( P ) Fosforus berfungsi sebagai pembentukkan tulang dan gigi. Sumber fosfor yaitu susu, telur, daging dll 

e. Kalium ( K ) Berfungsi mempengaruhi kerja jantung dan menahan air guna mengatur tekanan osmosis dalam sel. Sumber kalium yaitu ikan, pisang, kentang, dll 

f. Natrium ( Na ) Berfungsi mengatur denyut jantung, membantu menghantarkan impuls saraf dan kontraksi otot. Kekurangan natrium dapat menyebabkan kram otot. Sumber natrium yaitu garam dapur, keju, dan sayuran hijau 

g. Fluorin ( F ) Berfungsi mencegah karies gigi dan proses pembentukkan email. Kekurangan fluor akan menyebabkan gigi mudah keropos. Sumber Fluor antara lain teh, air minum, sayur sayuran 

h. Klorin ( Cl ) Berfungsi untuk mengatur tekanan osmosis dan kadar air dalam sel. Sumber klorin yaitu garam dapur 6. Air Air merupakan komponen terbesar penyusun protonplasma. Sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air. Fungsi air yaitu : a. Melarutkan makanan dan mempercepat reaksi kimiawi dalam tubuh b. Mengangkut sisa zat pembakaran yang tidak terpakai c. mengangkut berbagai substansi di dalam tubuh d. Membentuk cairan tubuh e. Mengatur panas tubuh Sumber air berasal dari air itu sendiri, buah buahan, sayur sayuran, dan makanan lainnya. Akibat kekurangan air yaitu dehidrasi. 

Materi Terkait : 



Demikianlah Artikel Makanan dan Fungsinya bagi Manusia

Sekian artikel Makanan dan Fungsinya bagi Manusia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Makanan dan Fungsinya bagi Manusia dengan alamat link https://www.dunia-mulyadi.com/2016/01/makanan-dan-fungsinya-bagi-manusia.html

0 Response to "Makanan dan Fungsinya bagi Manusia"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......