-->

Sistem Respirasi Pada Manusia

Sistem Respirasi Pada Manusia - Kali ini akan kita lanjutkan pembahasannya mengenai materi baru tentang Sitem Pernafasan Manusi. semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi buat kita semua, Salam berbagi.

Sistem Respirasi Pada Manusia


A. Pengertian respirasi pada manusia
pernapasan adalah proses pertukaran gas dari makhluk hidup dengan gas yang ada di lingkungannya.

respirasi adalah proses perombakan bahan makanan dengan menggunakan oksigen sehingga memperoleh energi dan gas karbondioksida.

- berdasarkan penggunaan oksigen respirasi terbagi 2 yaitu aerob dan anaerob atau menggunakan oksigen dan tidak menggunakan oksigen

B. Sistem pernapasan pada manusia

1. Alat pernapasan (alat respirasi manusia)
pada manusia pernapasan dilakukan melalui hidung, laring, trakea, bronkus dan pulmo

a. Hidung
terbagi 2 lubang dan memiliki rambut serta selaput lendir yang berfungsi menyaring udara. Rongga hidung memiliki 3 fungsi utama yaitu : menghangatkan udara. Melembabkan udara dan menyaring udara.

b. Laring
atau pangkal tenggorokan yang merupakan terusan dari faring atau tekak. Laring terdiri dari lempengan tulang rawan. Pada laring terdapat otot yang dapat membuka dan menutup yaitu glotis. Glotis adalah lubang mirip belah yang menghubungkan faring ke trakea, pada laring juga terdapat selaput suara. Laring juga memiliki epiglotis atau anak tekak yang selalu terbuka dan hanya tertutup jika ada makanan yang masuk ke kerongkongan.

c. Trakea
atau batang tenggorokan yang tersusun dari cincin tulang rawan yang terletak di depan kerongkongan dan berbentuk sisa. Bagian dalam licin dilapisi oleh selaput lendir dan mempunyai lapisan yang terdiri dari sel bersilia. Lapisan bersilia ini berfungsi untuk menahan debu atau kotoran dalam udara agar tidak masuk ke paru-paru.

d. Bronkus
atau cabang batang tenggorokan adalah bagian yang menghubungkan paru-paru dengan trakea, terdiri dari tulang rawan dan dindingnya terdiri dari otot halus. Cabang dari bronkus di sebut brokiolus yang berdinding tipis dan tidak bertulang rawan.

e. Pulmo
atau paru-paru adakalai atau pernapasan yang terletak dalam rongga dada dan di atas diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Paru-paru di selebungi oleh selaput elastis disebut pleura
paru-paru terbagi 2 yaitu kiri dan kanan. Kiri mengkila 2 gelambir sedangkan kanan 3 gelambir. Didalam paru-paru terdapat brokiolus dan gelembung paru yang disebut alveolus atau alveoli dalam bentuk jamak. Dinding alveolus sangat tipis tapi elastis dan mengandung kapiler darah. Pada dinding alveolus terjadi pertukaran oksigen efen karbondioksida.


C. Mekanisme pernapasan pada manusia

selalu melibatkan 2 hal yaitu menghirup udara dan mengeluarkan udara disebut juga dengan inspirasi dan ekspirasi. Pada manusia terdapat 2 mekanisme pernapasan yaitu :

1. Pernapasan dada.
Disebut juga pernapasan tulang rusuk
* mekanisme
- inspirasi
otot antar tulang rusuk (muskulus interkostalis) berkontraksi, tulang rusuk terangkat dan rongga dada membesar serta paru-paru mengembang sehingga tekanan udara dalam paru-paru lebih rendah dari di luar paru-paru dengan demikian udaran di luar masuk ke dalam.
- ekspirasi
sotot antar tulang rusuk berelaksasi sehingga tulang rusuk turun kembali mengakibatkan rongga dada mengecil dan tekanan udara dalam paru-paru menjadi lebih tinggi sehingga udara keluar.


2. Pernapasan perut.
Mekanisme
- Inspirasi
otot diafragma berkontraksi sehingga mendatar dan membuat rongga dada dan paru-paru mengembang sehingga tekanan udara rendah kemudian udara masuk ke paru-paru.
- Ekspirasi
otot diafragma berelaksasi sehingga melengkung dan mengakibatkan rongga dada dan paru-paru mengecil, tekanan udara dalam paru-paru naik seingib udara keluar dari paru-paru.


D. volume dan kapasitas paru-paru
pada orang dewasa volume paru-paru berkisar antara 5-6 liter yang terdiri dari :
1. Volume tidal yaitu udara hasil inspirasi atau ekspirasi setiap kali secara normal sekitar 500 ml.
2. Volume cadangan inspirasi yaitu volume elusa yang dapat di hirup setelah volume tidal sekitar 3000 ml.
3. Volume cadangan ekspirasi yaitu jumlah udara yang dapat dikeluarkan setelah ekspirasi normal. Pada keadaan normal sebanyak kira-kira 1100 ml.
4. SVolume residu yaitu volume udara yang tetap ada dalam drparu-paru setelah ekspirasi kuat sekitar 1200 ml.

- beberapa jenis kapasitas paru-paru
a. KI = VT + VCI = sekitar 3500 ml
b. KRF = VCE + VR = sekitar 2300 ml
c. KV = VCI + VT + VCE = sekitar 4600 ml
d. KPT = sekitar 5800 ml

keterangan :
KI : kapasitas inspirasi
KRF : kapasitas residu fungsional.
VCI : volume cadangan inspirasi
VCE : volume cadangan ekspirasi
VR : volume residu
KPT : kapasitas paru-paru total
KV : kapasitas vital
VT : volume tidal


E. Faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan
1. Umur
2. Jenis kelamin
3. Suhu tubuh
4. Posisi tubuh
5. Kegiatan


F. Kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan manusia
peradangan pada faring sehingga timbul para nyeri pada waktu menekan. Di akibatkan oleh bakteri atau virus

adalah peradangan paru-paru dimana alveolus terisi cairan dan eritrosit yang berlebihan jenis pada umumnya adalah pneumonia bakteri

adalah jumlah udara yang berlebihan dalam paru-paru. Disebabkan oleh infeksi kronis karena pokok atau bahan lain yang mengiritasi bronkus dengan serius atau akibat kelebihan mukus karena peradangan dan edema epitel brokiolus.

4. Asma
adalah kontraksi yang lalu dari brokiolus yang menyebabkan sukar bernapas.

adalah penyumbatan pada rongga faring atau laring oleh lendir yang di hasilkan bakteri Corynebacterium diptherial

adalah gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan karena terganggu fungsi paru-paru ataupun jaringan lainnya.

7. Tubercolosis atau TBC
adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tubercolosa. Bakteri ini menyerang seluruh tubuh tapi sering menyerang paru-paru dan tulang.

adalah kekurangan oksigen didalam jaringan. Dapat mengakibatkan penekanan aktivitas mental kadang-kadang koma dan menurunkan aktifitas otot. Bila cukup berat dapat menyebabkan kematian sel.

disebabkan meningkatnya kadar asam karbon dan asam bilasannat dalam darah yang menyebabkan terganggu pernapasan.

10. Sianosi
adalah kebiruan pada kulit yang disebabkan karena jumlah hemoglobin dioksigenesis yang berlebihan di dalam pembuluh darah kulit terutama dalam kapiler.

Demikan saja topik tentang sistem respirasi manusia yang bisa saya sajikan semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Sistem Respirasi Pada Manusia

Sekian artikel Sistem Respirasi Pada Manusia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sistem Respirasi Pada Manusia dengan alamat link https://www.dunia-mulyadi.com/2015/08/sistem-respirasi-pada-manusia.html

0 Response to "Sistem Respirasi Pada Manusia"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......