Cahaya Sebagai sumber dalam Kehidupan (Makalah)

Makalah Biologi Tentang Cahaya Sebagai sumber dalam Kehidupan - Kali ini saya akan posting sebuah Makalah dengan judul Cahaya Sebagai sumber dalam Kehidupan. semoga bisa menjadi bahan rujukan bagi siapa yang memerlukan.

Latar Belakang.

Pertumbuhan dan perkembangan adalah suatu proses yang dialami setiap makhluk hidup. Pertumbuhan dan perkembangan ditandai dengan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup seperti pertambahan tinggi dan berfungsinya alat reproduksi.

Pertumbuhan merupakan pertambahan jumlah, bentuk, ukuran, serta fungsi sel akibat adanya pembelahan sel mitosis. Pertumbuhan bersifat kuantitatif yaitu dapat diukur dan irreversible yaitu tidak dapat kembali keukuran semula. Yang biasa ditandai oleh pertambahan tinggi dan berat badan pada manusia dan hewan. Sedangkan untuk tumbuhan sendiri, terjadi pertambahan tinggi dan besar batang.

Cahaya Sebagai sumber dalam Kehidupan (Makalah)


Sedangkan perkembangan merupakan proses diferensiasi (perubahan bentuk sel) sel-sel tubuh untuk membentuk struktur dan fungsi tertentu, merupakan proses menuju kedewasaan (kematangan pada sel). Perkembangan ini bersifat kualitatif yaitu tidak dapat diukur dengan suatu alat dan reversible yaitu dapat kembali ke keadaan semula. Perkembangan biasanya ditandai dengan berfungsinya alat-alat reproduksi pada manusia dan hewan sedangkan pada tumbuhan, keluarnya bunga dan buah.

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Yang terdiri dari gen dan hormon sedangkan untuk faktor eksternal dipengaruhi oleh nutrisi, cahaya, suhu, kelembaban, oksigen, tanah dan pH.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada makhluk hidup, maka kami melakukan pengamatan terhadap tumbuhan yang mengalami proses perkecambahan selama enam hari. dimana dalam kurun waktu tersebut terdapat perubahan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.


Rumusan Masalah  
  1. Bagaimana mekanisme perkecambahan pada biji ?
  2. Bagaimana pengaruh intensitas cahaya terhadap laju pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman perkecambahan ?
  3.  Apa yang menyebabkan perbedaan pertumbuhan pada tanaman kacang hijau, kedelai dan jagung?

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap kecambah, perbedaan pertumbuhan pada tempat gelap dan terang, serta penyebab terjadinya perbedaan pertumbuhan pada tanaman kacang hijau, kedelai, dan jagung.

Hipotesis dan Prediksi

Dari rumusan masalah yang telah dijabarkan sebelumnya, kami berpendapat bahwa cahaya sangat berpengaruh pada pertumbuhan, tumbuhan akan lebih sehat/ segar, berbeda dengan tumbuhan yang berada pada tempat gelap, yang akan bertolak belakang dengan tumbuhan pada tempat terang. Karena tumbuhan yang akan kami teliti berjumlah tiga jenis, pastinya aka nada perbedaan yang muncul pada pertumbuhannya.

Selengkapnya silahkan download di bawah ini:

Sumber : http://biologi-indonesia.blogspot.com/


Demikianlah Artikel Cahaya Sebagai sumber dalam Kehidupan (Makalah)

Sekian artikel Cahaya Sebagai sumber dalam Kehidupan (Makalah) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cahaya Sebagai sumber dalam Kehidupan (Makalah) dengan alamat link https://www.dunia-mulyadi.com/2015/07/cahaya-sebagai-sumber-dalam-kehidupan.html

0 Response to "Cahaya Sebagai sumber dalam Kehidupan (Makalah)"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......