Materi Tentang Kormus dan Bagiannya

Materi Tentang Kormus dan Bagiannya - Kormus adalah tubuh tumbuhan yang hanya dimiliki oleh Pteridophyta (tumbuhan paku) dan Spermatophyta (tumbuhan biji), oleh sebab itu sementara ahli tumbuhan menempatkan kedua golongan tumbuhan tersebut dalam satu kelompok yang disebut Cormophyta (tumbuhan kormus). Kormus merupakan tubuh-tumbuhan yang dengan nyata memperlihatkan diferensiasi dalam tiga bagian pokok yaitu :

- Akar (radix)
- Batang (caulis)
- Daun (folium)

Materi Tentang Kormus dan Bagiannya


Bagian lain yang dapat kita temukan pada tubuh tumbuhan dapat dipandang sebagai suatu penjelmaan salah satu atau mungkin dua bagina pokok tadi, artinya setiap bagian lain pada tubuh tumbuhan dapat dianngap sebagai bagian tubuh yang berasal dari bagian pokok yang telah mengalami metamorphosis (berganti bentuk, sifat, dan mungkin juga fungsinya bagi tubuh tumbuhan).
Bagian lain yang dapat kita temukan pada tubuh tumbuhan dan dianggap sebagai metamorphosis bagian pokok atau kombinasi bagian-bagian pokok itu misalnya :
1. Kuncup (gemma), dianggap sebagai penjelmaan batang dan daun
2. Bunga (flos), juga penjelmaan batang dan daun
3. Duri (spina), dapat merupakan penjelmaan dahan maupun daun
4. Alat-alat pembelit (cirrhus), dapat berasal dari daun maupun dari dahan atau cabang
5. Umbi (tuber), penjelmaan batang
6. Rimpang (rhizoma), penjelmaan batang beserta daunnya
7. Umbi lapis (bulbus), penjelmaan batang dan daun
Disamping itu di bagian tumbuhan tertentu kadang-kadang masih dapat ditemukan alat-alat lain lagi yang biasanya lebih kecil atau lebih halus yang dinamakan alat tambahan atau alat pelengkap (organa accesoria), misalnya :
- Rambut atau bulu (pilus)
- Sisik (lepis)
- Lentisel (lenticulus)

Bagian-bagian tumbuhan yang langsung ataupun tidak, berguna untuk menegakkan kehidupan tumbuhan, jadi terutama bertalian erat dengan soal makanan, disebut alat hara (organum nutritivum), seperti misalnya akar dan daun untuk menyerap dan mengolah makanan, umbi untuk menyimpan makanan, piala atau gelembung bagi tumbuh-tumbuhan tertentu untuk menangkap serangga dll. Alat-alat tadi hanya penting untuk pertumbuhan dan itu juga dinamakan alat-alat pertumbuhan atau alat-alat vegetative.
Bagian-bagian lain pada tumbuhan mempunyai tugas untuk menghasilkan alat perkembang biakan atau merupakan alat perkembang biakan, jadi fungsinya bagia tumbuhan adalah untuk menghasilkan keturunan baru. Alat perkembangbiakan atau alat untuk memperbanyak diri itu dalam bahasa asingnya disebut: organum reproductivum, misalnya, bunga, buah, dan biji.  


Demikianlah Artikel Materi Tentang Kormus dan Bagiannya

Sekian artikel Materi Tentang Kormus dan Bagiannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Materi Tentang Kormus dan Bagiannya dengan alamat link https://www.dunia-mulyadi.com/2015/05/materi-tentang-kormus-dan-bagiannya.html

0 Response to "Materi Tentang Kormus dan Bagiannya"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......