Makalah Tentang Asesmen Portofolio

Makalah Tentang Asesmen Portofolio

      A. Latar Belakang
Pendidikan adalah salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Untuk itu pemerintah dengan segala keterbatasannya sudah berusaha untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan berbagai cara. Salah satu yang sudah dilakukan pemerintah adalah penggantian kurikulum yang dinilai lebih sesuai. Dimana, jika dulu pemerintah menetapkan kurikulum 1994 dengan basis teori behavoristik yang berakibat pada teacher center pada model pembelajarannya, sekarang pemerintah memberlakukan kurikulum yang dinilai lebih sesuai. Kurikulum yang sekarang masih kita pergunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang lebih menekankan kepada eksplore potensi siswa. Kurikulum ini adalah lanjutan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi. KTSP berbasis pada teori konstruktivistik yang lebih mendalam bagi pengembangan kreativitas siswa dibanding dengan teori behavioristik.
Pada kurikulum KTSP yang telah ditetapkan ini, lebih menekankan adanya berbagai kreativitas guru dalam menyempurnakan pembelajaran. Pembelajaran di sekolah mencakup beberapa proses yaitu input, proses dan output. Dalam input diantaranya terdiri dari pengetahuan siswa. Pada proses diantaranya mencakup berbagai metode yang diterapkan oleh guru untuk menyampaikan materi. Sedangkan pada Output terdapat tahapan penilaian untuk mengetahui keberhasilan yang telah dicapai.
Penilaian adalah proses output yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan tujuan yang telah diterapkan dalam kurikulum. Penilaian sendiri mempunyai berbagai metode yang dapat digunakan oleh guru. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai penilaian portofolio untuk menambah wawasan para pendidik/guru yang nantinya dapat diterapkan dalam praktek di sekolah.

Makalah Tentang Asesmen Portofolio

A.      Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam makalah penilaian portofolio ini meliputi beberapa hal yang diantaranya:
1.         Pengertian portofolio
2.         Tujuan portofolio
3.         Prinsip-prinsip portofolio
4.         Fungsi portofolio
5.         Perbedaan penilaian tes dan penilaian portofolio
6.         Jenis-jenis portofolio
7.         Langkah-langkah penyusunan portofolio
8.         Implementasi/penerapan portofolio dalam kelas
9.         Fase-fase pengembangan penilaian portofolio
10.     Kelebihan dan kekurangan penilaian portofolio
11.     Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan portofolio
12.     Isu-Isu Teknis Tentang Penilaian Portofolio
13.     Portofolio elektronik (e-portfolio).

B.       Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan bagi pendidik tentang asesmen/penilaian menggunakan portofolio.

Untuk materi selengkapnya silahkan di download di link di bawah ini:
Materi microsoft word download dibawah ini: 
Materi powerpoint download dibawah ini:
Contoh format penilaian Portofolio:

 Terimakasih banyak atas kunjungan anda....komentar dan saran sangat saya harapkan....sekali lagi 
 terimakasih


Demikianlah Artikel Makalah Tentang Asesmen Portofolio

Sekian artikel Makalah Tentang Asesmen Portofolio kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Makalah Tentang Asesmen Portofolio dengan alamat link https://www.dunia-mulyadi.com/2015/04/makalah-tentang-asesmen-portofolio.html

0 Response to "Makalah Tentang Asesmen Portofolio"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......