-->

Materi FISIKA SMA Tentang Besaran Fisika : Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Materi FISIKA SMA Besaran Fisika : Besaran Pokok dan Besaran Turunan - Materi ini adalah salah satu materi yang terdapat Fisika Kelas X. diharapkan dengan materi ini bisa menjadi bahan referensi yang baik buat para pencari ilmu sekalian. salam sukses dan berbagi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah panjang, waktu, suhu, dan berat benda. Secara tidak disadari ternyata kita telah belajar mengenai satu bahasan fisika yaitu "Besaran".

Namun, apa sih definisi dari besaran ini? Dari berbagai sumber yang saya baca, definisi dari besaran secara fisika adalah segala sesuatu yang dapat diukur dengan angka eksak dan mempunyai satuan.

Dari sekian banyak besaran yang kita kenal, besaran dibagi ke dalam dua kelompok yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Definsi dari besaran pokok adalah besaran yang telah ditentukan terlebih dahulu (satuannya telah ditetapkan) berdasarkan kesepakatan para ahli fisika. Kalau di Indonesia ada istilah "sembilan bahan pokok", dalam fisika juga ternyata ada istilah seperti itu, yaitu "tujuh besaran pokok". Tujuh besaran pokok ini terdiri atas besaran panjang, waktu, massa, arus listrik, jumlah molekul, dan intensitas cahaya.

Selain besaran - besaran pokok yang telah nyatakan di atas, ada juga yang dinamakan dengan turunan. Definisi dari besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok. Contohnya volume yang diturunkan dari besaran panjang; gaya yang diturunkan dari besaran massa, panjang dan waktu; kecepatan yang diturunkan dari besaran panjang dan waktu. Lebih lengkapnya lihat tabel besaran dan juga satuannya di bagian bawah postingan ini.

Besaran menyatakan sifat dari benda. Sifat ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran. Oleh karena satu besaran berbeda dengan besaran lainnya, maka ditetapkan satuan untuk tiap besaran. Satuan juga menunjukkan bahwa setiap besaran diukur dengan cara berbeda. Agar adanya keseragaman, satuan untuk besaran - besaran fisika didasarkan pada satuan Sistem Internasional (SI). Satuan SI ini diambil dari sistem metrik yang telah digunakan di Perancis setelah revolusi tahun 1789.

a. Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok atau besaran inti merupakan besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak memiliki ketergantungan pada besaran lainnya. Besaran ini nantinya memiki beberapa cabang yang dinamai dengan besaran turunan. Terdapat tujuh besaran pokok yang telah ditetapkan, diantaranya:
  1. massa
  2. waktu
  3. panjang
  4. kuat arus listrik
  5. temperatur
  6. intensitas cahaya
  7. jumlah zat
Selain besaran-besaran di atas, terdapat dua besaran tambahan yang tidak memiliki dimensi, yakni sudut datar dan sudut ruang (tiga dimensi). Satuan dan lambang satuan dari besaran pokok dapat Anda lihat pada Tabel berikut:

b. Pengertian Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disebut satuan turunan dan diperoleh dengan mengabungkan beberapa satuan besaran pokok.Sebagai contoh, volume sebuah balok adalah panjang × lebar × tinggi. Panjang, lebar, dan tinggi adalah besaran pokok yang sejenis. Dengan kata lain, volume diturunkan dari tiga besaran pokok yang sejenis, yakni panjang.
Contoh lain adalah kelajuan, yakni jarak dibagi waktu. Kelajuan diturunkan dari dua besaran pokok yang berbeda, yakni panjang (jarak) dan waktu. Selain memiliki satuan yang diturunkan dari satuan besaran pokok, besaran turunan juga ada yang memiliki nama satuan tersendiri.Untuk tahu lebih detail, coba lihat beberapa jenis besaran turunan berikut ini:
 
Untuk besaran turunan saya tampilkan berikut ini:


Source : http://fisikasma-online.blogspot.com/





Demikianlah Artikel Materi FISIKA SMA Tentang Besaran Fisika : Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Sekian artikel Materi FISIKA SMA Tentang Besaran Fisika : Besaran Pokok dan Besaran Turunan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Materi FISIKA SMA Tentang Besaran Fisika : Besaran Pokok dan Besaran Turunan dengan alamat link https://www.dunia-mulyadi.com/2015/03/besaran-fisika-besaran-pokok-dan.html

2 Responses to "Materi FISIKA SMA Tentang Besaran Fisika : Besaran Pokok dan Besaran Turunan"

  1. Saya kira untuk lebih akurat lagi penjelasannya. Karena penjelasannya masih bersifat umum belum detail. Terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimkasih banyak atas komentarnya...sangat membantu sekali

      Delete

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......