Materi Tentang Sistem Periodik Unsur Kimia

Materi Tentang Sistem Periodik Unsur Kimia

Sistem Periodik Unsur – Seiring perkembangan zaman banyak para ilmuwan yang menemukan unsur-unsur baru, sehingga jumlah unsur semakin banyak. Hal ini menimbulkan kesulitan dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, para ahli berusaha membuat pengelompokan sehingga unsur-unsur tersebut tertata dengan baik sehingga lebih mudah untuk mempelajarinya. Berikut ini sejarah perkembangan sistem periodik unsur :


1. Lavoiser

Lavoiser mengelompokkan unsur-unsur ke dalam 2 kelompok yaitu logam dan non logam.

2. Dobereiner

Pada tahun 1829 Dobereiner mengelompokkan unsur-unsur yang tiap kelompok terdiri dari tiga unsur, sehingga kelompok itu disebut triad. Apabila unsur-unsur dalam satu triad disusun menurut kenaikan massa atom relatifnya, ternyata massa atom maupun sifat-sifat unsur yang kedua merupakan rata-rata dari massa atom relatif maupun sifat-sifat unsur pertama dan ketiga. Berikut ini contoh pengelompokan menurut Dobereiner :


3. Newlands

Pada tahun 1864  Newlands mengumumkan penemuannya yang disebut hukum oktaf. Newlands menyusun unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya. Ternyata unsur yang berselisih 1 oktaf (unsur ke-1 dan ke-8, unsur ke-2 dan unsur ke-9) menunjukkan kemiripan sifat. Berikut ini contoh pengelompokan unsur menurut Newlands :


4. Mendeleev

Pada tahun 1869, Dmitri Ivanovich Mendeleev menyimpulkan bahwa sifat-sifat unsur adalah fungsi periodik dari massa atom relatifnya dan persamaan sifat. Artinya, jika unsur-unsur disusun menurut kenaikan massa atom relatifnya, maka sifat tertentu akan berulang secara periodik. Mendeleev menempatkan unsur-unsur yang mempunyai kemiripan sifat dalam satu lajur vertikal yang disebut golongan. Lajur-lajur horizontal yaitu lajur unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya yang disebut periode.

5. Henry Moseley

Memasuki abad ke-20 penemuan-penemuan di bidang kimia terus berkembang pesat. Pada abad ini Henry Moseley mengumumkan penemuannya yang disebut sebagai sistem periodik bentuk panjang yang digunakan sampai saat ini. Sistem periodik ini disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifatnya. Sistem periodik bentuk panjang ini merupakan penyempurnaan dari sistem periodik yang ditemukan oleh Mendeleev. Berikut ini tabel sistem periodik unsur yang dikemukakan oleh Henry Mosely.



B. Penentuan Golongan dan Periode

Menggunakan konfigurasi kulit yaitu  golongan = elektron valensi dan periode = jumlah kulit.

C. Sifat – sifat dalam Sistem Periodik Unsur

1. Dalam 1 golongan dari atas ke bawah jari-jari atom semakin besar, energi ionisasi semakin kecil, afinitas elektron semakin kecil dan keelektronegatifan semakin kecil.

2. Dalam 1 periode dari kiri ke kanan jari-jari atom semakin kecil, energi ionisasi semakin besar, afinitas elektron semakin besar dan keelektronegatifan semakin besar.

Sumber :http://nurmungil.com/


Demikianlah Artikel Materi Tentang Sistem Periodik Unsur Kimia

Sekian artikel Materi Tentang Sistem Periodik Unsur Kimia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Materi Tentang Sistem Periodik Unsur Kimia dengan alamat link http://www.dunia-mulyadi.com/2017/10/materi-tentang-sistem-periodik-unsur-kimia.html

0 Response to "Materi Tentang Sistem Periodik Unsur Kimia"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......