Perbedaan Antara Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar

Perbedaan Antara Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar

Perbedaan Antara Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar - Istilah-istilah ini sering kali kita jumpai di dalam pembelajaran, terkadang kita sangat sulit untuk memahami pengertian maupun perbedaan dari istilah-istilah tersebut. Baiklah langsung saja kita akan sama-sama membahas semua istilah tersebut dan semoga kita mudah memahaminya.

Pengertian Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran yang diidentikkan dengan kata “mengajar” berasal dari kata dasar “ajar” yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (diturut)  ditambah dengan awalan “pe” dan akhiran “an menjadi “pembelajaran”, yang berarti proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan sehingga anak didik mau belajar.
Maka dari itu Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa :
Pembelajaran adalah separangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajar siswa, dengan memperhitungkan kejadia-kejadian ekstrim yang berperan terhadap rangkaian kejadian-kejadian intern yang berlangsung dialami siswa (Winkel,1991).

Pengertian Pengajaran

Istilah “pembelajaran” sama dengan “instruction atau “pengajaran”. Pengajaran mempunyai arti cara mengajar atau mengajarkan. (Purwadinata, 1967, hal 22). Dengan demikian pengajaran diartikan sama dengan perbuatan belajar (oleh siswa) dan Mengajar (oleh guru). Kegiatan belajar mengajar adalah satu kesatuan dari dua kegiatan yang searah. yang dimaksudkan agar terjadi kegiatan secara optimal.
Sehingga dapt disimpulkan sebagai berikut :
Pengajaran ialah sesuatu tugasan dan aktiviti yang diusahakan bersama oleh guru dan muridnya. Pengajaran ini adalah dirancangkan guru secara sisitematik dan teliti untuk melaksanakannya dengan kaedah dan teknik mengajar yang sesuai, membimbing, menggalak dan memotivasikan murid supaya mengambil inisiatif untuk belajar, demi memperolehi ilmu pengetahuan dan menguasai kemahiran yang diperlukan.

Pengertian Pemelajar 

Pemelajar adalah orang yang melakukan pengajaran.

Pengertian Pembelajar

Pembelajar adalah orang yang melakukan pembelajaran 

Perbedaan Antara Pengajaran dan Pembelajaran

NO
Pengajaran
Pembelajaran
1
Dilaksanakan oleh mereka yang berprofesi sebagai pengajar
Dilaksanakan oleh mereka yang dapat membuat orang belajar
2
Tujuannya menyampaikan informasi kepada si belajar
Tujuannya agar terjadi belajar pada diri si pembelajar
3
Merupakan salah satu penerapan strategi pembelajaran
Merupakan cara untuk mengembangkan rencana yang terorganisasi untuk keperluan belajar.
4
Kegiatan belajar berlangsung bila ada guru atau pengajar
Kegiatan belajar dapat berlangsung dengan atau tanpa hadirnya guru


Demikianlah postingan tentang Perbedaan Antara Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar semoga bermanfaat.

 


Demikianlah Artikel Perbedaan Antara Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar

Sekian artikel Perbedaan Antara Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perbedaan Antara Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar dengan alamat link http://www.dunia-mulyadi.com/2016/11/perbedaan-antara-pembelajaran-pengajaran-pemelajar-pembelajar.html

0 Response to "Perbedaan Antara Pembelajaran Pengajaran Pemelajar dan Pembelajar"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......