Perbedaan Antara Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Perbedaan Antara Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan 

Perbedaan Antara Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan - Bumi selalu berotasi pada porosnya dan berevolusi terhadap matahari, sementara bulan berotasi pada porosnya, berevolusi pada bumi, dan bersama-sama bumi mengitari matahari. Karena gerakan ini, suatu saat bumi, bulan, dan matahari terletak pada satu garis lurus.

A. Gerhana matahari

Gerhana matahari terjadi jika posisi bulan terletak antara bumi dan matahari, akibatnya bulan membentuk bayangan di bumi, sehingga orang yang tinggal di belahan bumi tersebut tidak dapat melihat matahari. Ukuran bulan lebih kecil dari ukuran matahari, karena itu hanya sebagian kecil permukaan bumi yang benar-benar ditutupi bayangan bulan dan sama sekali tidak mendapatkan cahaya matahari. Daerah ini mengalami gerhana matahari total.
 
Gerhana Matahari 

Berikut contoh skema gerhana matahari :
 
Skema gerhana matahari

B. Gerhana bulan

Gerhana bulan terjadi saat matahari, bumi, bulan terletak satu garis lurus. Saat gerhana bulan, bumi terletak di antara matahari dan bulan, sehingga cahaya matahari mengenai bumi dan tidak sampai di bulan. Akibatnya bulan tidak memantulkan cahaya sama sekali ke bumi. Keadaan ini disebut gerhana bulan.
 
Gerhana Bulan
 
Berikut skema gerhana pada bulan:
 
Skema gerhana bulan
 
Demikianlah postingan singkat Perbedaan Antara Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Perbedaan Antara Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Sekian artikel Perbedaan Antara Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perbedaan Antara Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan dengan alamat link http://www.dunia-mulyadi.com/2016/07/perbedaan-antara-gerhana-matahari-dan-gerhana-bulan.html

0 Response to "Perbedaan Antara Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan "

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......