Makalah : Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Penilaian Kinerja

Makalah : Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Penilaian Kinerja

A. Latar Belakang

Pendidikan dan pengajaran adalah suatu proses yang radar tujuan. Tujuan dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk memberikan rumusan hasil yang diharapkan siswa setelah melaksanakan pengalaman belajar (Sadirman, 2004). Tercapai tidaknya tujuan pengajaran salah satunya adalah terlihat dari prestasi belajar yang diraih siswa. Dengan prestasi yang tinggi, para siswa mempunyai indikasi berpengetahuan yang baik.
Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi siswa adalah motivasi. Dengan adanya motivasi, siswa akan belajar lebih keras, ulet. tekun dan memiliki dan memiliki konsentrasi penuh dalam proses belajar pembelajaran. Dorongan motivasi dalam belajar merupakan salah sate hal yang perlu dibangkitkan dalam upaya pembelajaran di sekolah.
Penelitian (Soemanto, 2003)menyebutkan, pengenalan seseorang terhadap prestasi belajarnya adalah penting, karena dengan mengetahui hasil-hasil yang sudah dicapai maka siswa akan lebih berusaha meningkatkan prestasi belajarnya. Dengan demikian peningkatan prestasi belajar dapat lebih optimal karena siswa tersebut merasa termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajar yang telah diraih sebelumnya.
Biggs dan Tefler (Dimyati dan Mudjiono, 2006) mengungkapkan motivasi belajar siswa dapat menjadi lemah. Lemahnya motivasi atau tiadanya motivasi belajar akan melemahkan kegiatan, sehingga mutu prestasi belajar akan rendah. Oleh karena itu mutu prestasi belajar pada siswa perlu diperkuat terns-menerus. Dengan tujuan agar siswa memiliki motivasi belajar yang kuat, sehingga prestasi belajar yang diraihnya dapat optimal.
Motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran tertentu (Nashar, 2004). Siswa yang bermotivasi tinggi dalam belajar memungkinkan akan memperoleh basil belajar yang tinggi pula. Artinya, semakin tinggi motivasinya semakin tinggi intensitas usaha dan upaya yang dilakukan,  sehingga semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperolehnya.
IPA sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah, dapat memberikan peranan dan pengalaman bagi siswa. Hasil pembelajaran IPA pun dapat sangat dipengaruhi oleh motivasi dari siswa. Baik itu motivasi internal maupun motivasi eksternal. Pembelajaran IPA dilakukan dengan berbagai upaya, yaitu salah satunya melalui peningkatan motivasi belajar. Dalam hal belajar siswa akan berhasil jika dalam dirinya sendiri ada kemauan untuk belajar dan keinginan atau dorongan untuk belajar. Karena dengan peningkatan motivasi belajar maka siswa akan tergerak, terarahkan sikap dan perilaku siswa dalam belajar, dalam hal ini belajar IPA.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dipahami bahwa sangat penting seorang guru mengetahui seberapa besar motivasi belajar yang dimiliki siswa-siswanya dalam pembelajaran, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengelola pembelajaran dengan baik.
Untuk mengukur motivasi siswa dalam pembelajaran perlu dikembangkan instrument pengukuran motivasi belajar yang mengacu pada indicator-indikator yang didasarkan pada teori-teori yang ada.
Selain itu, kinerja siswa dalam pembelajaran juga harus diukur, sehingga hasil belajar siswa benar-benar mencerminkan keseluruhan kemampuan yang dimilikinya, baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Dalam konteks ini, guru juga perlu menguasai cara-cara mengembangkan instrument penilaian kinerja yang baik, karena instrument yang baik atau berkualitas memberikan peluang yang lebih besar diperolehnya hasil pengukuran yang baik pula.
makalah pendidikan


Materi selengkapnya silahkan sobat sedot saja di link di bawah ini :




Demikianlah Artikel Makalah : Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Penilaian Kinerja

Sekian artikel Makalah : Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Penilaian Kinerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Makalah : Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Penilaian Kinerja dengan alamat link http://www.dunia-mulyadi.com/2015/05/makalah-pengembangan-instrumen.html

0 Response to "Makalah : Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Penilaian Kinerja"

Post a Comment

Terimakasih atas Kunjungannya serta Komentarnya.....Jangan Lupa Like and Sharenya Thanks......